RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 01 Batu Ampar
Mata Pelajara : Geografi
Kelas / semester
: XI IPS 2/Ganjil
Materi pokok : Biosfer
Jumlah Pertemuan
: (1x45 menit)
I.
Standar Kompetensi
Menganalisis fenomena biosfer
menganalisis persebaran hewan dan
tumbuhan
III. Indikator
Menganalisis persebaran flora dan fauna
di Indonesia.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan
persebaran flora dan fauna di Indonesia
2.
Menganalisis
persebaran flora dan fauana di Indonesia
V.
Materi Pembelajaran
a) Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
b) Alokasi Waktu 45 menit
c c) Model / Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran kooperatif
Metode :
Demonstrasi, tanya jawab, pemberian
tugas
Langkah-langkah Pembelajaran
1)
Pendahuluan ( 5
menit )
1. Apersepsi
a) Guru
menyapa siswa
b) Guru
mengabsen siswa
c) Menginformasikan SK, KD, Indikator, dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
d) Guru
menagih tugas siswa
2. Motivasi
Guru memotivasi siswa
akan penting nya menguasai materi dengan baik agar bermanfaat untuk mengetahui
kekayaan alam Indonesia agar sifat sadar akan cinta negri tumbuh dengan sendirinya.
2)
Kegiatan Inti ( 30 menit )
1.
Eksplorasi
a) Guru menjelaskan persebaran flora fauna di
indonesia.
b) Guru menjelaskan wilayah persebaran flora
fauna di indonesia
c) Guru menjelaskan eksotisme hutan indonesia
d) Dengan
kelompok nya siswa diberikan tugas
2.
Elaborasi
a) Siswa
di bagi kedalam 4 kelompok dan diberi petunjuk kerja masing masing
kelompok
b) Setiap
kelompok di berikan kartu berisikan pertanyaan dan jawaban seputar flora fauna
Indonesia seta persebaran nya.
c) Setiap
kelompok siswa mencocokan kartu – kartu tersebut dan menyesuaikan dengan
jawaban yang di anggap benar.
d) Setiap
media di beri petunjuk pengerjaan
e) Setiap
kelompok yang telah menyelesaikan pertanyaan berhak menjelaskan hasil jawaban.
f) 2
kelompok tercepatlah yang pada akhirnya akan memepresentasikan hasil
jawabannya.
g) Jawaban
– jawaban siswa yang telah di dapatkan di simpulkan bersama.
3)
Kegiatan akhir ( 10 menit )
1.
konfirmasi
a) Guru
mengulas hasil diskusi dari setiap kelompok dengan melibatkan pendapat dari
kelompok diskusi lain nya. (komunikatif) dan bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi . (komunikatif)
2.
Refleksi
a)
Guru
memberikan post tes lisan
b)
Siswa
memberikan pesan kesan dalam pembelajaran.
c)
Mengimformasikan kepada siswa untuk mengerjakan
tugas terstruktur (mengerjakan LKS)
untuk di bahas minggu selanjutnya. (tanggung jawab)
d)
Mengingatkan
peserta didik tentang materi selanjutnya.
e)
Penutup
Kepala Sekolah Guru Bidang Study
Tidak ada komentar:
Posting Komentar