RPP

01

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             : SMAN 01 Batu Ampar
Mata Pelajara              : Geografi
Kelas / semester          : XI IPS 2/Ganjil
Materi pokok               : Biosfer
Jumlah Pertemuan       : (1x45 menit)

I.               Standar Kompetensi
     Menganalisis fenomena biosfer

II.          Kompetensi Dasar
     menganalisis persebaran hewan dan tumbuhan

III.        Indikator
     Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia.

IV.         Tujuan Pembelajaran
     1.    Mendeskripsikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
     2.    Menganalisis persebaran flora dan fauana di Indonesia

V.          Materi Pembelajaran
                    a)   Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
              b)  Alokasi Waktu 45  menit
c                         c)   Model / Metode Pembelajaran
  Model   : Pembelajaran kooperatif
  Metode : Demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas

Langkah-langkah Pembelajaran
1)    Pendahuluan ( 5 menit )
1.  Apersepsi
a) Guru menyapa siswa
b) Guru mengabsen siswa
c)  Menginformasikan SK, KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d)  Guru menagih tugas siswa
2.  Motivasi
Guru memotivasi siswa akan penting nya menguasai materi dengan baik agar bermanfaat untuk mengetahui kekayaan alam Indonesia agar sifat sadar akan cinta negri tumbuh dengan sendirinya.
2)     Kegiatan Inti ( 30 menit )
1.      Eksplorasi
a) Guru menjelaskan persebaran flora fauna di indonesia.
b) Guru menjelaskan wilayah persebaran flora fauna di indonesia
c) Guru menjelaskan eksotisme hutan indonesia
d)  Dengan kelompok nya siswa diberikan tugas
2.      Elaborasi
a) Siswa di bagi kedalam  4 kelompok  dan diberi petunjuk kerja masing masing kelompok
b) Setiap kelompok di berikan kartu berisikan pertanyaan dan jawaban seputar flora fauna Indonesia  seta persebaran nya.
c) Setiap kelompok siswa mencocokan kartu – kartu tersebut dan menyesuaikan dengan jawaban yang di anggap benar.
d)  Setiap media di beri petunjuk pengerjaan
e)  Setiap kelompok yang telah menyelesaikan pertanyaan berhak menjelaskan hasil jawaban.
f)  2 kelompok tercepatlah yang pada akhirnya akan memepresentasikan hasil jawabannya.
g)  Jawaban – jawaban siswa yang telah di dapatkan di simpulkan bersama.

3)      Kegiatan akhir ( 10 menit )
1.      konfirmasi
a)  Guru mengulas hasil diskusi dari setiap kelompok dengan melibatkan pendapat dari kelompok diskusi lain nya. (komunikatif) dan  bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi . (komunikatif)
2.      Refleksi 
a)  Guru memberikan post tes lisan
b)  Siswa memberikan pesan kesan dalam pembelajaran.
c)  Mengimformasikan kepada siswa untuk mengerjakan tugas  terstruktur (mengerjakan LKS) untuk di bahas minggu selanjutnya. (tanggung jawab)
d)  Mengingatkan peserta didik tentang materi selanjutnya.
e)  Penutup

       

                                                                                  Pontianak,  Maret   2016

Kepala Sekolah                                               Guru Bidang Study                                          

 

        (  Juaribut  M.pd  )                                           (         Mansura        )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar